Monday, 12 October 2009

INSIDE FORT WILLEM I AT AMBARAWA







"With the other prisoners, I was transferred by train to Fort William station in Ambarawa.
This was a prison for political prisoners, similar to the Orange Hotel in Scheveningen…
… In Fort William I had woven rice bags, one per specified number of days.
If you do not succeed, you had been beaten.
On Sunday we did not work, but we had to watch a Japanese propaganda film…"

~ Witnesses Story: Chris van der Ven, Arnhem, Netherlands ~



Photobucket
The Parade Ground and Westbank Military Barrack
Strafgevangenis [Criminal Jail] Fort Willem I – 1927
Source: KITLV


Photobucket
South-East Gate


Photobucket
Inside the Barrel Vault
[a vault having a semicircular cross section, Also called tunnel vault]



ON MISSION

Ambarawa has an altitude about 475-50 meters above the sea level. Since 1840s, it was a plantation town, because Ambarawa has excellent climate for the agricultural products especially coffee plantation [Cultuur Stelsel]. Located in Central Java about 30 km south of Samarang [North Coast] or 80 km north of Djocja [South Coast], and surrounded by mountains as well.

From the military perspective, Ambarawa was sited near the strategic axis of Samarang – Souracarta. In the mid of 18th century, the VOC established some fortifications along the route Samarang-Oenarang-Sallatiega-Souracarta. It was designed to establish the connection between the Company and the Mataram Kingdom. Therefore, many military encampments have been established in those towns.

In period Java War 1827-30, Colonel Hoorn, Military Commander in the 2nd division to the crossroads at Bawen (where the main roads of Samarang-Djocja and Samarang-Sallatiega are united), had the bamboo sheds for storing reserve forces and provided as complementary to, if he becomes available (military logistic) in Ambarawa. This point was so convenient. Post Java War period, during Koningin Willem II, a modern fort Willem I was established in 1834-53 at that former bamboo sheds of military logistic storage.

Fort William I was formerly known as a big army camp of KNIL. The camp was connected by rail to Semarang and Yogyakarta. Present day, this fort is still purposed as penitentiary building, which sited in land of Battalion Cavalry 2 – Indonesian Forces. From Ambarawa, here we took a walk to cruise inside the Fort Willem I on Sunday, 27th of September 2009.





ACKNOWLEDGEMENT

Photobucket
M.A. Soetikno
A Leader of “Paguyuban Peduli Cagar Budaya – Ratu Sima”
[The Community Care for Heritage]
and “Sanggar Seni Gedong Songo”
[The Art Workshop]


This journey would not be commenced without kindness of Pak Soetikno and Pak Galih from “Paguyuban Peduli Cagar Budaya – Ratu Sima” [Community Care for Heritage] in Ungaran. For that reason, I would express my appreciation for them who occasionally accompanied me cruising within the fort.




MAP OF AMBARAWA – 1922:
RAILWAY STATION AND FORT WILLEM I
Photobucket
“Java. Res. Semarang – Plat XXIIh”
Herzien door Topografischen dienst in 1922
Source: Koninklijk Instituut voor de Tropen





FORT WILLEM IN THE AERIAL VIEW

Photobucket
Fort Willem I – 1927
Source: KITLV

Photobucket
Fort Willem I - 2009
Source: Google Earth - 2009





________________________________________________________

A MEMOIR OF WILLEM I OF NETHERLANDS

Photobucket
Willem I (1772-1843), Koning der Nederlanden
by J. Paelinck Peintre de S.M. La Reine des Pays Bas à Bruxelles Р1819
Source: Rijksmuseum Amsterdam

Prince of Nassau-Orange-Fulda
Reign 1803 - 1806

Prince of Orange-Nassau
Reign 1813 – 1815

King of the Netherlands
Reign 1813 (1815 as King) - 1840

Duke & Grand Duke of Luxembourg
Reign 1815 (same year elevated to Grand Duke) – 1840
_______________________________________________________





ARCHITECTURE

~Fortification~
Fortification is a defensive military work constructed for the purpose of strengthening a position. Included here are walls built to protect a city from hostile acts. The term is derived from the Latin fortis ("strong") and facere ("to make"). Sometimes forts are supplemented with moat around it. Aside for defensive purposes, forts are often used as dwelling or the boundary of a city.


~ Fortification Design in the Post Java War Period ~
Since the post Java War period (the calm stage after 1830), the government of Dutch Indies established some fortifications in order to strengthening territory, especially Java. We can compare the main different in architecture between the fortification in period of the Company (17th – 18th century) and Post Java War (19th century) regarding the different utility.

The Company fortifications were designed according to the rules of military architecture for emphasizing the defense work from enemy’s military attack, whereas the 19th century fortification were designed for a defense work of the military logistic.

Concerning the defense work of military logistic, the Fort Willem I has unusual design which represents the different purpose of fortification. For examples: many windows in the rampart, the bastions are not installed in the main building (no flank, means there is no part of bastion that extends from the curtain to the face), no embrasure (no opening through which missiles may be discharged).




Photobucket
Housing for Military Garrison – East Bank





Photobucket
The North-East Corner



Photobucket
Former Military Barrack




Photobucket
Stairway-1




Photobucket
Stairway -2




Photobucket
The Stretched Gallery and Terracotta Tile





Photobucket
Remnants of Commander House




Photobucket
The Classical Columns




Photobucket
Remnants of Windows



Photobucket
Military Building between Two Bastions




Photobucket
Inside Military Building between Two Bastions




Photobucket
Water Tower




_____________________________________________


THE CHRONICLES OF FORT WILLEM I


Photobucket
A battalion of Dutch-Indies Army in Fort William in Ambarawa – ca. 1900
Source: KITLV


1827–30
Colonel Hoorn, Military Commander in the 2nd division to the crossroads at Bawen
established the bamboo sheds for military logistic at Ambarawa.

1834–53
A modern fort Willem I was established at the former bamboo sheds for military logistic.
This Fort was purposed as Military Camp of KNIL until 1927 (?)

1865
The terrible earthquake shook the whole military camp,
some buildings in the fort itself were destroyed.

1927
Fort Willem I was adjusted from penitentiary of children prisoner for political prisoner and adult prisoner


1942–45
Japanese internment camps,
included military barrack surrounding the fort.

1945
The headquarters of the TKR
[14th of October – 23th of November 1945]

“Bersiapkampen” – Republican Camps
During the Great Awakening period 14th October – 10th of December 1945
were in the former Dutch East Indies around 3.500 Dutch civilians were interned
by Indonesian freedom fighters inside the Fort Willem I.
Camp Commandant: Sartoso
Camp Security: former prisoners, guards and pemoedas
Leadership Camp: Mr. Zeeman


1946–50
Photobucket
Fort Willem on 28th of July 1947
Source: Nationaal Archief – The Netherlands


Photobucket
The new Police Troops are being trained police force
for the farewell parade in Fort William I.
Photo Collection Service for Military Contacts
Source: Nationaal Archief – The Netherlands

Photobucket
The Communists from 13 Dutch troops from Salam transferred to the Republic.
Among them were Mr. Soebardjo, Mr. Iwa Koesoema Soemantri, Dr.Tjoak Sil Ien and Ir. Tajeb.
Source: Nationaal Archief – The Netherlands


1950
The fort was purposed as adult penitentiary and military barrack
[Decree of the Minister of Justice RI No. JH6.2/23/1/RI/16]

1985
The fort was purposed as children penitentiary and military barrack
[Decree of the Minister of Justice RI No 01PR/07.031/1985]

1991
The fort was purposed as II-B penitentiary and military barrack
[Decree of the Minister of Justice RI No M.10/PR/07.03/1991]

2003 – Present day
The fort was purposed as II-A penitentiary and military barrack
[Decree of the Minister of Justice and Human Rights RI No M.16.PR-07.03.2003]





POST OFFICE AT FORT WILLEM I
Below the image of a letter that sent from Fort Willem I to a Resident in Batavia in the mid of 19th century. See the stamp, “Franco – Fort Willem I Ambarawa”.

Photobucket
Folding letter written in the "Vesting William / Ambarawa / 14 November 1853"
to the Resident of Batavia
Courtesy of Van Dieten Postzegel Veilingen BV
Capelle aan den IJssel, The Netherlands


_____________________________________________




Photobucket
The Bell designed by by Paul van Vlissingen and Dudok van Heel – Amsterdam in 1843
It is garnished by Euro-Chinese Fret
[Fret or key pattern is a decorative design contained within a band or border, consisting of repeated, often geometric figures]

Paul van Vlissingen & Dudok van Heel :
“Koninklijke Fabriek van Stoom- en andere Werktuigen, Amsterdam”
[Royal Factory of Steam and other Tools, Amsterdam]


Paulus Cornelis van Vlissingen (1829-1906)
Directeur van de Koninklijke Fabriek Firma “Paul van Vlissingen en Dudok van Heel” 1852-1871
grootgrondbezitter in Minnesota, USA 1871-1887;
conservator van het Gemeentelijk Museum van Oudheden te Haarlem 1886-1906.


The company was founded by Paul van Vlissingen and Abraham Dudok van Heel in 1827 that supporting King William.

1826
Originally, the company was founded by Paul van Vlissingen as a place to repair steam engines on the Amsterdam Steamboat Company in Oostenburg.

1827
A former smoke house of the VOC hired to expand.
Together with Abraham Dudok van Heel was now a "Factory of Steam and Other Tools”
developed under the name Van Vlissingen & Dudok van Heel.

1850s
The factory was the one of the greatest engineering in the Netherlands.

1913
Moved to the manufacture of railway carriages and steel structures for the industrial.

1929
The telegraphic address “Werkspoor” was the official name of the company.


____________________________________________


Photobucket
The Dutch Cemetery and Fort Willem I
[end of 19th century lithograph]
Source: Tropenmuseum


Photobucket
The Bastion and Mountainous Landscape of Ambarawa




REFERENCES

“Werkspoor“
http://nl.wikipedia.org/wiki/Werkspoor


“A Visual Dictionary of Architecture”
by Francis D.K. Ching
Published by Van Nostrand Reinhold.

“Terminologie Verdedigingswerken”
Stichting Menno van Coehoorn – Januari 2004

”Het Indisch budget van oorlog”
digitale bibliotheek voor de Nederlandse letteren
Stichting dbnl Leiden
http://www.dbnl.org/tekst/_gid001186801_01/_gid001186801_01_0061.htm

Bersiapkampen: Fort Willem I
http://www.bersiapkampen.nl/Fort%20Willem%20I.htm

Voor dertien jongens betekende 'mati' echt 'dood'
Getuigenverhaal: Chris van der Ven, Arnhem – Gelderland
Nationaal Comité 4 en 5 mei РAmsterdam
http://www.4en5mei.nl



93 comments:

  1. Akhirnya keluar laporannya.. Wow amazing ya..

    ReplyDelete
  2. Begitulah...Grandiose!
    Thanks Nikki...

    ReplyDelete
  3. sy tidak pernah tau di ambarawa ada seperti ini. luar biasa!!! minggu depan mau ajak model foto ke sini. thanks banget atas sharingnya.

    ReplyDelete
  4. Semoga sukses buat minggu depan mas Wandy...

    ReplyDelete
  5. Bung Yoananta, terima kasih buat reportasenya.... Saya selalu terkesan dengan berita-berita dan foto2 cagar budaya/arsitektur warisan yang sampeyan angkat....

    ReplyDelete
  6. Terima kasih kembali mbak :)
    Saya cukup beruntung, sebenarnya agak sulit untuk akses ke lokasi Fort Willem karena masih digunakan sebagai lembaga pemasyarakatan dan instalasi tahanan militer, selain itu lokasi juga bagian dari Batalyon Kavaleri. Seorang teman bahkan pernah masuk ke dalam benteng ini setelah mendapat izin dari Departemen Hukum dan HAM.

    ReplyDelete
  7. Waduh peninggalan yang amat bersejarah ini kok terkesan dibiarkan begitu saja ya. menunggu hingga benar2 hancur atau bagaimana ya? baru setelah itu kita ribut2...biasanya kan begitu...

    Lalu mengapa digunakan untuk lembaga pemasayarakatan dan instalansi tahanan militer? Sepertinya malah bakalan lebih gak keurus kalau begitu...

    ReplyDelete
  8. Ini genteng kok sudah ditumpuk rapi begini, wah wah. Antara struktur yang diluar dengan bangunan utama dihubungkan dengan apa mas ?

    ReplyDelete
  9. Menurut Kasi Kegiatan Kerja Lapas Ambarawa, Pak Sudiyono, bangunan lapas tidak pernah direnovasi dengan alasan status kepemilikan adalah militer jadi bukan milik Departemen Hukum dan HAM. Perawatawan yang dilakukan hanya sebatas mengecat tembok saja. Jadi bukan milik Departemen Hukum dan HAM.

    Ada kabar bahwa status Lapas Ambarawa adalah pinjaman dari TNI AD. Meski begitu pihak TNI AD pun tidak memiliki bukti kepemilikan autentik atas keberadaan benteng tersebut *waduh*

    Menurut saya sih idealnya pemerintah mengusahakan lapas baru yang lebih modern sistem pengamanannya, mengingat tahun lalu sempat ada 7 napi titipan dari kepolisian bisa kabur.

    Yah, beginilah nasib bangunan cagar budaya di Indonesia mas Roni, sekedar masuk list cagar budaya, namun tetap dibiarkan "membusuk". Celakanya membiarkan bangunan cagar budaya yang "membusuk" itu juga sebuah kejahatan juga...khan udah ada peraturannya.

    Lalu siapa yang seharusnya menghuni lapas ini hehehe...

    ReplyDelete
  10. Yes I think so. Someday I will cruise that cemetery, but we need Land Rover for it, it is untamed road.

    ReplyDelete
  11. Hehehe... ada yang trauma dengan genteng tua :D
    Pak Dipo, ini kalo mas dhw liat bisa langsung ditawar hehehe....

    Desain bastion memang terpisah dengan bangunan utamanya Pak Dipo, sama sekali tidak ada connection building-nya.

    Setelah Perang Jawa yang berakhir 1830, kecenderungan benteng2 yang dibangun menggunakan arsitektur yang berbeda dengan masa VOC.

    Fort Willem I dibangun setelah berakhirnya Perang Jawa, artinya didirikan pada masa damai, praktis tidak ada pergolakan politik. Beberapa elemen seperti embrasure untuk meriam tidak ditemukan dalam benteng ini, bastion yang terpisah dengan bangunan utama (mirip demilune). Bahkan rampart (dinding terluar) "dihiasi" dengan banyak jendela.

    Fungsinya pun berbeda dengan benteng2 di zaman VOC yang merupakan bangunan yang didesain untuk menahan serangan fisik, Fort Willem I lebih dimaksudkan untuk penyimpanan logistik militer atau sebagai barak-barak militer.

    ReplyDelete
  12. Keren banget!
    Ternyata Ambarawa pun tak kalah cantik yah....
    Love all the picture, anyway... :)

    ReplyDelete
  13. Thanks monica :)
    Iyah ambarawa memang kota yang berkesan. kota yang dibangun oleh suksesnya cultuurstelsel dan berlanjut sebagai kota tempat pertahanan militer. tapi sayangnya tidak ada usaha preservasi di sini...

    ReplyDelete
  14. Dimana sih persisnya? Ambarawa di jalan apanya? Aku yg kelewat bacanya atau memang tidak tertulis?

    ReplyDelete
  15. Wah kalo jalannya saya tidak tahu juga, karena orang menyebutnya benteng gitu. Lokasi di dalam Batalyon Kavaleri (batalyon tank) 1 km dari Stasiun Ambarawa hehehe...

    Saya ngk punya peta kota ambarawa yang terkini, tapi peta 1922 ada (lihat di atas). jalanan tidak banyak berbeda kok.

    ReplyDelete
  16. Sip deh, berarti sebagian besar penduduk tau benteng, jadi gampang klo nanyanya.
    Akan masuk ke daftar wisata berikutnya. :)
    Thx yaa

    ReplyDelete
  17. Baru pulang dari singapura.. kalo kita lihat bagaimana mereka merawat bangunannya kita patut iri hati. Namun sebenarnya kalau saja kita mau merawat bangunan bersejarah kita... mungkin kita punya harta karun wisata sejarah di Indonesia mas....

    Foto "The Bastion and Mountainous Landscape of Ambarawa",... aku pikir itu bisa jadi tempat foto prewedding yang aduhai hehehehe.... foto yang paling bagus itu mas... two thumbs up

    ReplyDelete
  18. Wah ditunggu oleh2nya lho... saya request khusus edisi Fort Canning dari Nikki :)

    Untuk perawatan cagar budaya bisa bertujuan untuk wisata (preservation for tourism) dan untuk tujuan menyelamatkan aset sejarah (preservation without tourism). Meskipun dari sisi turisme rendah, namun benda cagar budaya harus tetap dijaga kelestariannya.

    Fort Willem I Ambarawa harusnya masuk sebagai agenda "preservation without tourism". Tidak semua orang bisa mengakses karena masih dipakai sebagai instalasi tahanan militer dan lembaga pemasyarakatan. Namun seharusnya fungsi bangunan tidak melupakan kaidah preservasi.

    ReplyDelete
  19. Thanks Nikki.
    Hehe...prewed bisa di mana saja sih. Tapi bisa juga foto prewed di benteng bisa menunjukkan simbol "kesetiaan, kekuatan, dan keteguhan hati". *masaksih*

    Mau prewed di benteng mana Nikki?

    ReplyDelete
  20. Masuknya bebas atau harus izin? atau harus kucing2an? hehe

    ReplyDelete
  21. Wah ini kunjungan resmi atas nama komunitas cagar budaya Ungaran Indra, kalo ngga resmi susah bisa exploring in to the entire building :)

    ReplyDelete
  22. bangunan ini kok rasanya terpisah dari bangunan utama, fungsinya untuk apa ya ?

    ReplyDelete
  23. secara keseluruhan posting ini sangat bagus, meski saya tak mahir berbahsa inggris, tp melihat foto-2 nya sdh bisa menggugah, minimal timbul rasa eman-eman kok bisa begitu.
    salam kenal mas, mungkin kebetulan kita memiliki kesenangan yg sama, yaitu tentang haritage, kalau mas berkenan bisa kunjungi blog saya mas di www.jelajahgraffiti.blogspot.com atau di www.ekomagelang.blogspot.com, terima kasih.

    ReplyDelete
  24. Benar mas eko, bangunan ini terpisah dari bangunan utama (lihat foto udara di atas). Fort Willem I ini lebih difungsikan sebagai kamp militer dan logistik, jadi kemungkinan fungsi bangunan di sekitarnya masih berkaitan dengan logistik militer.

    Secara arsitektur memang berbeda dengan benteng-benteng era VOC (abad ke17-19) yang lebih kental nuansa militernya. Fort Willem I memiliki bastion (bagian sudut benteng yang menjorok ke luar) yang juga terpisah dengan bangunan utamanya.

    Benteng-benteng yang dibangun setelah Perang Jawa mempunyai desain yang tidak terpaku pada arsitektur benteng sebelumnya (fungsi utama penyedia/pusat logistik militer) karena keadaan sosial-politik yang lebih kondusif.

    ReplyDelete
  25. Salam kenal juga mas eko...
    saya sudah berkunjung ke blog anda ya memang kita punya kesenangan yang sama....ulasan anda menarik dan informatif sekali.
    Thanks!

    ReplyDelete
  26. mas yoan,...kenapa ya bangunan ini walau peninggalan penjajah gak di lindungi, atau dipertahankan atau dikembalikan seperti semua? sayang bgt,...

    ReplyDelete
  27. wweits ada model nya juga hihihi, duh mas!!! ngiri,..kalau saja aku ada kesempatan kesana, puas puasin motret dah, bawain model, atau prewedding skalian hahaha,..

    ReplyDelete
  28. seandainya dirawat,.....pasti indah sekali huaaaaa,...pengen nangis liatnyaa

    ReplyDelete
  29. Untouchable gie... :(
    Tapi penyebabnya bukan itu sih, yah karena tidak ada perhatian saja dari Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala. Sampai sekarang konservasi di Indonesia akan diprioritaskan kalo ditujukan untuk wisata...sedangkan konservasi untuk sejarah kadang susah doa restunya hehehe (tidak ada duit kembali modal).

    ReplyDelete
  30. Ini adek aku gie...figuran saja biar keliatan kalo pintunya memang bener2 gede... :)

    ReplyDelete
  31. Iyah benteng berada di lingkungan batalyon kavaleri dan masih dipakai buat lembaga pemasyarakatan + instalasi tahanan militer Gie... hanya 2 rumah abad ke 19 yang masih keliatan terawat...

    ReplyDelete
  32. Waktu era pendudukan Jepang 1942-45 dipake sebagai kamp buat prisoner of war...

    ReplyDelete
  33. Blessing in disguise, karena dinding terkelupas, bangunan ini banyak memberikan petunjuk struktur arsitektur abad ke-19.

    ReplyDelete
  34. Tuscan order! Di negeri asalnya sono, Greek, pilar jenis ini dipopulerkan oleh Andrea Palladio (gaya palladian) abad ke-16. Desain Tuscan pilar ini sebenernya lebih ngetop duluan dibanding pilar2 Greek lainnya: Doric dan Ionic.

    ReplyDelete
  35. Mungkin susah bersihinnya Gie..di bagian depan atas...di atas pilar hehehe

    ReplyDelete
  36. komunitas cagar budaya ungaran indra itu apa?apakah utk umum?jika iya, bagaimana caranya utk bergabung?tanx before...

    ReplyDelete
  37. bangunan yang dipenuhi ilalang...unik,hehe

    ReplyDelete
  38. foto2 ini semua di edit lg ato di-retouch?soale keren banget...

    ReplyDelete
  39. Namanya Paguyuban Peduli Cagar Budaya (P2CB) Ratu Shima, berlokasi di Ungaran mbak. Selama ini mereka belum punya milis (komunitas regional), namun sering melakukan aktifitas penyelamatan heritage.

    blog P2CB: http://p2cbnratushima.multiply.com/

    ReplyDelete
  40. Memang sangat disayangkan, tetumbuhan bisa melapukkan bangunan...

    ReplyDelete
  41. Iya mbak, retouch sebatas mempertajam saturasi.
    Thanks.

    ReplyDelete
  42. This and the other article about Fort Willem I are very, very interesting topics and the photographs are also excellent!
    It's also linked from the
    http://www.salatiga.nl site

    ReplyDelete
  43. Thanks for the info about link of this journal in salatiga.nl. It is nice web that describes both of past and present about Salatiga.
    Salatiga would be my next journey, the city and old military camp are waiting :)
    Unfortunately, Fort Hersteller has been demolished... :(

    ReplyDelete
  44. No thanks, you've done a very good job. A friend of mine also likes your pages about history.
    http://blog.londoh.com/

    In the next days; I will put some pages about schools in Salatiga in the old days.
    Next year I will go back again tot Salatelu for 1 month to make more pictures about historical buildings, most dutch..
    I've also submitted some old pictures for the book of Eddy Supangkat, known for his "Salatiga Sketsa Kota lama".
    There is a book about Salatiga zaman dahulu forthcoming, in 2010

    Slamet Natal lan taun baru for you and your visitors too!

    Maseddi

    ReplyDelete
  45. Thanks Maseddi. Actually, I'm interested about your project: make a document of heritage buildings in Salatiga.
    I've also "Salatiga Sketsa Kota Lama", yes it's a book that enriched by many old photographs about Salatiga and inspired to drive me into that city...

    Do you know the sites or area of old houses that built in both 19th and early 20th century in Salatiga?

    Blessed Christmas and Joyful New Year for you and all audience...

    ReplyDelete
  46. Musti buru2 ke Salatiga mas. Di Kompas hari ini ada berita ex markas Kodim mau dijadikan mal.

    ReplyDelete
  47. Saya rada dejavu membaca komentar walikota Salatiga di bawah ini pak Dipo... Apakah Pak Dipo merasakannya juga?

    Berikut petikan pernyataan Walikota Salatiga, ”Bangunan tua itu banyak kriterianya. Dari arsitektur dan perannya, gedung eks markas kodim itu tak menonjol”.

    Saya sangat menyayangkan sikap pemerintah daerah di Salatiga terkait dengan bangunan yang dulunya Hotel Blommestein (eks-Kodim). Jelas2 bangunann itu layak dilindungi karena perannya dalam sejarah kota Salatiga dan sejarah arsitektur di Indonesia.

    ===================================

    Bangunan Cagar Budaya Akan Dijadikan Mal

    Kamis, 31 Desember 2009 | 04:00 WIB

    SALATIGA, KOMPAS - Bangunan cagar budaya, eks Markas Kodim 0714 Salatiga yang berusia hampir 100 tahun, akan diratakan tanah dan dijadikan pusat perbelanjaan. Padahal, bangunan tersebut masuk dalam daftar inventarisasi bangunan bersejarah oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Salatiga.

    ”Itu (gedung eks markas kodim) bisa dibongkar karena

    baru masuk daftar (inventarisasi). Belum dikuatkan secara hukum sebagai benda cagar budaya,” kata Wali Kota Salatiga John Manoppo seusai rapat koordinasi membahas rencana pembongkaran gedung itu, Rabu (30/12).

    Gedung itu kosong sejak markas Kodim 0714 pindah beberapa bulan lalu.

    Menurut Manoppo, dalam permohonan pemilik, lokasi itu akan dijadikan pertokoan atau pusat perbelanjaan. Manoppo menyatakan, bangunan itu merupakan milik warga Semarang, bukan aset militer. Pemilik bangunan juga sudah menawar untuk membeli Rutan Salatiga yang berada di sebelah gedung eks markas kodim. Rutan itu juga termasuk dalam daftar inventarisasi benda bersejarah Salatiga.

    Menurut Manoppo, dalam memutuskan izin pembongkaran, pemkot tak perlu berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jateng karena hal itu sudah diatur dalam peraturan daerah mengenai izin mendirikan bangunan. Kewenangan itu meliputi izin membangun, membongkar, mengubah, dan memanfaatkan.

    ”Bangunan tua itu banyak kriterianya. Dari arsitektur dan perannya, gedung eks markas kodim itu tak menonjol,” katanya.

    Eddy Supangkat, pemerhati sejarah sekaligus penulis buku Salatiga: Sketsa Kota Lama mengatakan, membongkar bangunan itu sama artinya dengan tidak menghargai sejarah. Menurut dia, bangunan eks markas kodim dulu adalah Hotel Blommestein yang usianya lebih tua dibandingkan dengan gedung gemeente atau Kotapraja Salatiga tahun 1917.

    Eddy memiliki foto hotel yang diabadikan tahun 1911. Blommestein merupakan hotel sederhana dan boleh dimasuki oleh orang yang bukan kulit putih juga.

    (GAL)
    http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/12/31/04002997/bangunan.cagar.budaya.akan.dijadikan.mal

    ReplyDelete
  48. Alasan2 yang dikatakan pak Manoppo walikota Salatiga menjelaskan mengapa gedung itu DAPAT di bongkar tanpa melanggar hukum. Meskipun banyak hal & keuntungan lain yang mendukung pelestarian gedung ex Kodim tersebut, beliau tidak menyingung sama sekali. Saya rasa maksudnya sudah jelas. Saya sepertinya sudah pernah mendengar kata2 seperti ini.

    Mungkin kita mulai kampanye virtual mas ?


    ===============================
    "Saya rada dejavu membaca komentar walikota Salatiga di bawah ini pak Dipo... Apakah Pak Dipo merasakannya juga?

    Berikut petikan pernyataan Walikota Salatiga, ”Bangunan tua itu banyak kriterianya. Dari arsitektur dan perannya, gedung eks markas kodim itu tak menonjol”.

    Saya sangat menyayangkan sikap pemerintah daerah di Salatiga terkait dengan bangunan yang dulunya Hotel Blommestein (eks-Kodim). Jelas2 bangunann itu layak dilindungi karena perannya dalam sejarah kota Salatiga dan sejarah arsitektur di Indonesia."

    ReplyDelete
  49. Hallo Mas,

    Slamet tahun baru; it's stil possible yes.

    "Do you know the sites or area of old houses that built in both 19th and early 20th century in Salatiga?"

    I hope to get the names of the historical buildings they've put on the list as being benda cakar budaya (BCB)

    Everybody does agree that the "day of birth" (hari jadi) of salatiga is 24 juni 750 (plumpungan prasasti).
    But does everybody know that the origin of the town of salatiga - as salatiga is now - is that benteng the Hersteller named after GG Van Imhoff? Shhhttt :-) built in 1749.
    Here now stands The Tamansari Shopping Center (Jl Jend. Sudirman)

    Here is a drawing of that benteng

    http://www.salatiga.nl/tempo-doeloe/salatiga_fort_de_hersteller.htm

    ReplyDelete
  50. wewewewwww...
    keren kali kak, bentengnya...

    ingin segera berkunjung ke sana...
    hihihi

    kalo mau berkunjung ke sana, minta ijin ke pihak mana ya,?
    beneran musti minta ijin ke Departemen Hukum dan HAM, kak?

    ReplyDelete
  51. ini hiasan jangkar di dinding, ya?
    maknanya apa kak?

    ReplyDelete
  52. Ini semacam "masonry anchor" bukan sekedar hiasan, jadi berfungsi sebagai pengikat antara dinding luar dengan bagian kayu (sebagai lantai) di lantai II atau pengikat antara dinding luar dengan dinding yang melintang di bagian dalam (supaya tidak bergeser).
    Banyak digunakan dalam arsitektur abad ke 17 s/d 19 karena belum ditemukan sistem beton cor (concrete).

    ReplyDelete
  53. ooooo...
    (cm bisa oooo aja, hihi :)

    okeh point pertama, bisa dimasukin k laporan kami, hehe, mksh..

    ReplyDelete
  54. ”Het Indisch budget van oorlog” digitale bibliotheek voor de Nederlandse letteren Stichting dbnl Leiden

    ini buku tentang apa ya?
    arsitektur belanda, kah?

    hmmmm cari di internet ga ada....
    nge-ling jg cuma ke blognya kakak aja....u_u.

    ReplyDelete
  55. Iya buku digital dari DBNL (digitale bibliotheek voor de Nederlandse). Klik aja link yang dibawahnya.
    ”Het Indisch budget van oorlog” buku tentang anggaran militer Hindia Belanda, khususnya pasca Perang Jawa disertai ulasan sedikit seputar latar belakang pendirian benteng-benteng di Jawa.

    ReplyDelete
  56. oOo, baik kak, terima kasih...

    ReplyDelete
  57. Kalo genteng buat bangunan benteng ini, aslinya di datangkan dari mana ya?
    dari asli sekitar atau hasil dari impor luar negeri ya, kak?

    ReplyDelete
  58. Ini yang namanya rampart, itu bukan kak?

    Kalau batu batanya ini, asli juga dari sekitar wilayah setempat aja atau gimana kak?
    trus sistem susun batu batanya pake semen biasa atau campuran khusus gitu ya? sampai sekarang masih kokoh soalnya...

    Gaya bangunan arsitektur clasic,.... benar kah, kak? *sotoy saya, hehehe*

    Masih bagus di foto ini, tapi sayang wktu kami ke sana musim hujan jadi becek dan banyak kubangan air...u_u...

    ReplyDelete
  59. Biasanya bahan-bahan yang diimpor dari luar negeri: lantai marmer, lantai yang terbuat dari batu hitam (biasanya didatangan dari India).
    Sedangkan genteng dan lantai terracotta berasal dari daerah setempat/lokal.

    ReplyDelete
  60. Ini biasanya disebut dengan arcade, deretan pilar-pilar yang dihiasi serangkaian arc (lengkungan), biasanya ditemui di bangunan-bangunan gaya klasik atau neo-klasik.

    Ini batu-bata lokal kok vita hehehe bayangkan berapa ratus ton batu bata yang dikapalkan kalau tidak dibuat di daerah setempat. Dulu juga sudah ada semen, namun campurannya berbeda dengan semen sekarang (mixed gamping/kapur, pasir, batu bata yang dihaluskan), tidak menggunakan beton bertulang karena memang pada era itu belum ditemukan.


    ReplyDelete
  61. kok jauh2 amat ke india ya?
    apakah saat itu memang sedang banyak perdagangan antar negara, ya kak?

    ReplyDelete
  62. hmmm iya ya, ngapain jauh2 impor batu bata dari luar negeri,,, dari dlm aja bnyk kok...^^


    ooo, berarti gaya bangunan benteng ini neo klasik, ya kak?
    masih bisa disamakan dengan gaya bangunan lawang sewu kah?

    ReplyDelete
  63. hmm, iya ya, ngapain jauh2 import dari luar negeri, orang yang bikinan indo saat itu pasti jg banyak,hehehe^^

    ooo, berarti gaya bangunan benteng ini neo-klasik ya, kak?
    masih bisa disamakan dengan gaya bangunan lawang sewu kah?

    ReplyDelete
  64. dalam gedung ini apakah juga ditemukan lantai marmer kak, waktu anda kesana??
    *sepertinya saya lihat lantai marmer disini, waktu kegiatan lapangan*

    ReplyDelete
  65. gerbang yang sebelah kanan itu, termasuk gaya apa ya, kak?
    sepertinya agak familiar, seperti yang pernah saya lihat di Kota Gedhe Jogja,,....

    kata Pak Soetikno, ruang didalamnya dulu digunakan untuk tempat berdansa waktu di jamannya...
    *benar gak ya?*

    ReplyDelete
  66. sekarang tidak difungsikan lagi ya kak, bangunan ini?
    kmrn blum sempet masuk sini soalnya....

    eh, tapi yang dibagian depan banguan ini, itu ada permukimannya (slum, sepertinya...)
    hmmm, tapi kayu tiang penyangganya sudah mulai lapuk...

    ReplyDelete
  67. Arsitektur benteng tidak bisa disamakan dengan arsitektur bangunan rumah atau kantor, masing-masing punya elemen yang mempunyai fungsi yang berbeda.

    Untuk melihat gaya arsitektur sebaiknya kita melihat keseluruhan bangunan. Lawang sewu juga punya arcade, namun arsitektur lawang sewu lebih bergaya neo-romanesque yang dibungkus semangat rasionalisme 1900-an.

    ReplyDelete
  68. Saya melihat marmer di rumah yang sekarang dipakai pos jaga dekat pintu masuk. kemungkinan lantai marmer digunakan di rumah ini. Memang biasanya digunakan untuk ruangan-ruangan ekslusif seperti rumah petinggi militer ini.

    ReplyDelete
  69. Wah saya tidak tahu ya dulu dipake apa...
    Tapi sepertinya pintu itu ditambahkan kemudian setelah bangunan berdiri. Menurut saya tidak lazim akhir abad ke-19 menggunakan dekorasi seperti itu.

    ReplyDelete
  70. Kayaknya masih deh, jadi kamar mandi / wc.
    Akhir abad ke-19 orang-orang masih membangun kamar mandi terpisah dengan bangunan utama.

    ReplyDelete
  71. hmmm,
    masih bagus.....

    ini buat gantungan kabel telefon, begitu kak ceritanya?

    owh ya, kak, adakah ornamen khusus di dinding gedung2 benteng ini?

    *sedang mencari ornamen khusus di bangunan, sepertinya tidak ada y....*

    ReplyDelete
  72. masih asli kah, semua tangga yang disana??
    kayunya juga dari daerah sekitar ya, kak?

    ReplyDelete
  73. bangunan ini sekarang dan dulu difungsikan sebagai apa ya, kak?

    *sepertinya tidak difungsikan, karena terlihat tidak ada aktivitas di sekitarnya...*

    ReplyDelete
  74. Iy kemungkinan untuk kabel telepon, sayang tudung keramiknya sudah hilang...
    Ornamen apa yang dimaksud?

    ReplyDelete
  75. Sepertinya orisinal, iya kayu lokal...

    ReplyDelete
  76. Saya tidak tahu juga. Kemungkinan dibangun setelah benteng itu berdiri...

    ReplyDelete
  77. Ornamen semacam ukiran pada dinding, begitu, ada tidak kak di gedung benteng..?

    Tapi bangunan gaya clasic jarang ornamen kan, Kak?
    Beda dengan bangunan gaya Baroque yg penuh ornamen pada dinding.ny..

    ReplyDelete
  78. Ini khan benteng bukan istana hehehe...

    ReplyDelete
  79. *yah, malah diketawain Kak Yoan..u_u..*

    Hmm, berarti tidak ada ornamen khusus..
    Ok.ok.

    ReplyDelete
  80. keren ! ambarawa adl kampung bapak saya.. selama ini saya minta diantar ke benteng - minta ke siapa aja, baik ke bapak atau adik2nya semua nda pernah ada yg mau.. alasanya mmg orang umum g bisa sembarang masuk... dan laporan Mas benar2 membayar ke-penasaran-an saya. makasih byk ! keren !

    ReplyDelete
  81. OMG aku melewatkan ini ketika ke rawa pening..next destinasi harus ke sini...

    ReplyDelete
  82. Ada kereta disel juga dari stasiun willem melewati pinggiran rawa pening.

    ReplyDelete